grahadesignstudio


Breaking News

Rabu, 04 Juni 2008

Aneka Permasalahan Mata Dan Perawatannya


Kata orang, mata adalah jendela jiwa. Karena mata memiliki fungsi yang penting tentunya juga perlu diperhatikan dan dirawat. Berikut perawatan yang dapat Anda lakukan dalam 'memerangi' masalah pada mata..

Mata bagi tiap orang punya peranan penting. Selain sebagai indera penglihatan, mata juga dapat mempengaruhi kesan wajah dan penampilan secara keseluruhan. Mata merah, misalnya, membuat penampilan seperti orang sakit. Lingkaran hitam di bawah mata serta munculnya garis halus, membuat wajah tampak tua.

Perawatan mata yang benar dapat membuat seseorang tampak menarik, karena matalah yang membuat penampilan seseorang terlihat lebih bergairah. Tak mengherankan jika merawat mata yang baik dan benar harus jadi prioritas. Mata sering dianggap sebagai bagian yang terpenting dari kecantikan seseorang. Mata juga dianggap sebagai bagian dari alat berkomunikasi, bahkan juga dipakai untuk menunjukkan ekspresi watak seseorang.

Apa saja problem seputar mata yang sering kita jumpai?
1. Kantung mata (baggy eye
Kantung mata dapat disebabkan karena sistem pembuangan cairan tubuh. Bisa juga disebabkan pada bagian dalam kulit di bawah mata tumbuh lemak yang berlebihan sehingga terlihat agak membengkak, yang kita sebut kantung mata. Untuk mengurangi kantung mata lakukan pijatan lembut pada wilayah berkantung dengan menggunakan jari tangan yang tengah dari arah ujung dalam ke arah ujung pinggir mata bergerak arah bulat. Untuk sehari-hari, gunakan tabir surya.

2. Lingkaran hitam (dark circle)
Lingkaran hitam di bawah mata ada beberapa macam. Ada lingkaran hitam yang muncul karena keturunan atau genetik, di mana lingkaran hitamnya lebih terlihat pada saat orang tersebut makin berumur dan elastisitas kulitnya menurun. Ada pula lingkaran hitam di bawah mata yang lain, dapat terlihat bila seseorang sedang tidak enak badan, kurang tidur, terkena polusi, asap rokok, debu dan sedang mengalami stress. Mengapa lingkaran hitam bisa terjadi? Ini disebabkan apabila kulit di sekitar mata terkena polusi, asap dan debu, maka pembuluh darahnya akan membesar, di mana tubuh akan mengeluarkan zat kimia dan disalurkan oleh darah melalui pembuluh darah tersebut, untuk mengurangi dampak negatif dari polusi.

3. Kerut halus
Disebabkan karena dehidrasi kulit, penuaan dini dan penuaan biologis. Kerut dalam di pinggir mata disebabkan penuaan dini akibat terkena sinar matahari yang merusak jaringan kolagen dan elastin serta otot muka. Gunakan masker dan krim khusus mata agar kerut halus tidak datang sebelum waktunya.

4. Jerawat batu
Adanya jerawat batu di sekitar mata disebabkan karena tidak membersihkan make-up dengan pembersih mata yang tepat. Sisa-sisa make-up yang tak terhapus sempurna akan masuk ke dalam pori-pori yang nantinya dapat menyebabkan jerawat. Selalu gunakan eye make-up remover untuk mencegah munculnya jerawat batu yang baru serta rajin mengenakan masker khusus mata.

5. Mata letih dan kuyu
Untuk mata letih karena Anda terlalu lelah bekerja, ambil sebongkah kecil es, lalu usapkan pada sekeliling mata. Cara ini akan mengembalikan kelancaran peredaran darah dan menyegarkan mata.

6. Mata merah
Banyak penyebab mata merah, antara lain karena polusi udara, yang lazim dialami mereka yang tiggal di kota metropolitan. Asap knalpot kendaraan bermotor, polusi udara di jalanan, asap rokok sudah mampu membuat mata merah karena iritasi ringan.

Saat mata merah, jangan langsung menguceknya karena hanya akan membuat mata tambah merah. Selain itu tangan Anda kan tidak bersih, bisa-bisa malah kuman masuk ke mata. Mata yang terkena iritasi ringan sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya dalam satu atau dua hari. Namun bagi Anda yang sibuk, satu atau dua hari kadang terlalu lama. Untuk mengatasi hal ini gunakan tetes mata untuk iritasi mata ringan guna meredakan keluhan mata merah.

Agar mata tetap tampil sehat dan cantik menawan, jangan lupa mengonsumsi Vitamin C dosis tinggi yang baik untuk membantu pembentukan kolagen yang merupakan bahan untuk mengurangi proses pigmentasi di sekeliling mata, serta konsumsi Vitamin A yang berguna untuk mempertajam mata. Merawat secara teratur akan memberi imbalan memuaskan apa lagi kalau bukan mata yang sehat dan cantik

Tidak ada komentar:

Sports

Business

Technology

Life & Style

Designed By Blogger Templates